Perbedaan LINUX dan Windows

Posted by

Hallo LINUXER!Kali ini saya akan membagikan PERBEDAAN LINUX DAN WINDOWS.
Lansung saja.

OS atau Operating System merupakan software yang berguna untuk mengoperasikan komputer sehingga dapat digunakan dengan mudah oleh semua orang. OS biasanya bersifat user-friendly atau mudah untuk digunakan oleh penggunanya. Pada jaman sekarang ini, sudah banyak OS yang dikembangkan menjadi berbagai bentuk, seperti Linux dikembangkan menjadi Android dan yang lainnya.



Ada beberapa OS yang populer pada komputer seperti Linux dan Windows. Kita sudah mengenal OS Windows yang sering kita pakai sehari-hari dalam menggunakan komputer. Tetapi Linux apakah anda sudah pernah menggunakannya?, Linux hampir sama seperti Windows dan sangat mudah untuk dikendalikan. Meskipun dikatakan hampir sama, tetapi ada perbedaan di antara OS tersebut. Mari kita simak yang berikut ini.

Dari segi harga

Windows
Windows merupakan OS yang populer dan bahkan yang anda pakai sekarang ini untuk melihat artikel ini. Seperti yang anda ketahui, sudah banyak versi bajakan dari Windows. Itu dikarenakan harga Windows yang mahal, bahkan bisa mencapai 4 Juta hanya untuk OS asli. Sehingga menjadikan Windows menjadi OS yang mahal untuk dibeli tetapi mudah untuk didownload.

Linux
Sangat berbeda seperti Windows, Linux merupakan OS yang bersifat Open Source atau dapat dikembangkan oleh siapa saja. Sehingga Linux dapat didownload secara gratis tanpa menguras dompet seperak pun. Para developer juga bisa mengembangkan OS Linux ini tanpa rasa takut terkena sanksi hak cipta.


Dari segi tampilan

Windows
Windows pada umumnya sangat unggul dalam segi grafis dan tampilan oleh karena itu game bergrafis tinggi banyak dikembangkan untuk OS Windows. Windows memiliki tampilan yang sangat bagus dan tampilan yang mudah dimengerti oleh penggunanya, sehingga dapat digunakan dengan mudah oleh penggunanya. Menjadikan OS ini banyak dipakai oleh kebanyakan orang.

Linux
Tampilan pada Linux tidak berbeda jauh dengan tampilan pada Windows. Tampilan pada Linux juga sangat mudah untuk dimengerti oleh penggunanya, tetapi Linux tidak unggul dalam segi grafis dan masih banyak coding yang dipakai untuk menggunakannya dengan benar. Ubuntu (salah satu kembangan dari Linux) tampilannya sangat mirip dengan Windows dan berbeda dengan Linux sebelum dikembangkan.


Dari segi keamanan

Windows
Seperti yang anda ketahui, OS Windows sangat rentan terkena virus dan sangat banyak virus yang telah dibuat untuk menginfeksi komputer dengan OS Windows. Oleh karena itu anda memerlukan antivirus pada OS Windows untuk melindungi agar komputer anda tidak terinfeksi dengan virus. Bahkan antivirus pun terkadang juga bisa kebobolan, sehingga menjadikan OS Windows kurang dalam segi keamanan.

Linux
Linux terkenal dengan keamanannya dari virus dan juga hacker. Sehingga banyak server di internet yang menggunakan OS Linux karena alasan keamanan yang tinggi dan juga OS Linux sangat cocok digunakan sebagai public server. Tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa Linux bisa diserang oleh virus, mungkin bisa saja Linux terkena virus nantinya.


Dari segi perangkat lunak yang bisa dipakai

Windows
Windows memiliki banyak software yang bisa dipakai. Ini dikarenakan para developer lebih memilih mengembangkan softwarenya untuk digunakan di Windows dikarenakan pembuatannya yang mudah dan banyak orang yang memakai Windows. Juga banyak game yang memiliki grafis tinggi dibuat untuk berjalan OS Windows.

Linux
Sangat berbeda dengan Windows, Linux sangat minim dalam software. Ini dikarenakan sedikit developer yang membuat software untuk berjalan di Linux. Sehingga sangat sedikit software dan juga game yang bisa kita pakai di Linux.


Dari segi penggunaan

Windows
Windows sering digunakan untuk pekerjaan kantor, sekolah, dan juga untuk bermain game. Sehingga banyak orang yang memilih Windows karena tampilannya yang sudah dimengerti oleh kalangan orang kantor dan pelajar dan fungsinya yang bisa membantu mereka dalam mengerjakan tugasnya.

Linux
Linux sebenarnya tidak digunakan sama seperti Windows. Dikarenakan Linux yang memiliki sifat tahan dari kebanyakan virus dan source codenya yang bisa dikembangkan, Linux sering dipakai untuk administrator dalam suatu LAN, menjadi server dalam internet, dan menyediakan layanan web proxy.

Bagaimana LINUXER sekarang kalian bisa memastikan mau pakai OS apa kan ?
sekian dulu dari saya, Terimakasih


Demo Blog NJW V2 Updated at: Mei 15, 2017

24 komentar:

  1. ane sih ttp windows gan, meski make bajakan wkwakkwa

    BalasHapus
  2. Ane juga gan pake Windows :V
    untuk mencari artikel tips dan trik langsung aja ke http://kopitamplok.ml/ ya agan-agan :D

    BalasHapus
  3. Ttep windows ane mah. Thanks infonya sangat membantu!

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. Silahkan Gan, Terus Kunjungi kami untuk artikel-artikel terbaru

      Hapus
  5. Ane pake dual boot win 10 sama linux mint :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. wadoh mantab gan jangan-jangan mau pentest nih hehe :D

      Hapus
  6. Ane pake dual boot win 10 sama linux mint :v

    BalasHapus
  7. makin tahu perbedaan dua OS yg di gunakan apra orang banyak ini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan linux lebih open source :D nyaman buat pengguna jika mau merubah :D

      Hapus
  8. Ohh..Gitu Ya gan..Kalau Linux Sama Kali Linux bedanya apa gan ? atau sama ya ?

    Bingung Nih gan !

    BalasHapus
  9. Ane masih pake windows . Pengen pake linux . Jenis laptop apa pun support ya gan . Ga ngaruh kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau jenis laptop sih enggak gan, tapi yang di tanyain kuat nya ituloh hehe

      Hapus
  10. Masih sedikit kurang paham. tapi makasih infonya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke gan.. sering-sering mampir gan hehe dan semoga bisa membantu selalu

      Hapus
  11. hehe ane sendiri dual boot linux ama windows 10 gan
    btw linux juga bisa kena kok :D tapi versi lain ( wanna cry )

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantap gan (Y)
      maybe gan.. soalnya belum pernah kena hehe

      Hapus